Jumat, 27 Februari 2015

10 Kota Hilang yang Paling Terkenal

10. Babilon Kuno

Taman Gantung dari kota hilang Babilon peradaban Babilonia
Babilon, ibukota dari peradaban Babylonia, kerajaan kuno ternama Mesopotamia, namanya dikenal karena pemerintahan Raja Nebuchadnezzar. Yang menyebabkan Babilon dikenal dunia dan pantas masuk dalam daftar kota hilang ini adalah 'harta misterius' di dalamnya, yaitu Hanging Gardens (Taman Gantung). 
Diceritakan pada suatu hari istri dari Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan rumahnya. Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat sebuah taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir. Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan. Apalagi melihat sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan peradaban Babilonia.

9. Angkor

Angkor wat dan peradabannya hilang begitu saja dari sejarah manusia
Angkor adalah sebuah kota besar di Kambodia yang juga adalah tempat berdiamnya kuil keagamaan terbesar di dunia, yakni Angkor Wat. Berada di antara abad ke-9 hingga ke-15, Angkor adalah pusat kekuatan kerajaan Khmer (Kambodia). 
Misteriusnya, kota ini bukan menjadi kota atau peradaban hilang karena bencana ataupun penjajahan, tapi hanyakarena ditinggalkan begitu saja oleh masyarakatnya, membuat kota dan ribuan kuilnya 'mati' di kedalaman hutan. Selama sekitar 300 tahun, kota ini adalah kota hilang hingga akhrnya ditemukan di abad ke-18. Sebagai gambaran, kota ini dapat disebut sebagai kota terbesar di dunia dalam zaman pre-industri. Rumor mengatakan bahwa tempat ini ditinggalkan karena ledakan populasi dan kurangnya dukungan infrastruktur.

8. Troy

Troy adalah salah satu kota hilang paling terkenal di dunia
Merupakan kota legenda yang menjadi pusat dari berbagai sejarah modern seperti tempat kediaman Pahlawan Yunani Achilles dan kota dimana tempat terjadinya perang Kuda Trojan (Trojan Horse). Nama Troy sendiri dikenal melalui syair Homer dalam sebuah sajak paling terkenal saat itu, yakni Iliad.
Sejak lama, keberadaan Troy sebagai kota atau peradaban yang hilang sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga akhirnya di tahun 1871, Tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja. Ada alasan mengapa Troy sering dikenal sebagai kota yang temboknya tidak dapat dikalahkan, itu karena Troy sendiri diperirakan dibangun di atas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat. Sekarang, hanya reruntuhanlah yang tersisa dari kota legendaris ini namun nama Achilles dan Kuda Trojan tetap dikenal dunia sebagai bagian dari kota hilang tersebut.

7. Petra

Petra adalah salah satu kota hilang paling terkenal di dunia
Inilah salah satu dari 10 Tempat di Dunia Yang Wajib Dilihat dan dapat disebut sebagai salah satu kota paling menakjubkan yang pernah ada di dunia (tempat syutingnya film Transformer: Revenge of the Fallen). Terletak di bagian selatan Jordan dekat Laut Mati adalah Petra, kota yang ditinggalkan karena gempa bumi yang merusak infrastruktur sistem perairan di kota tersebut.
Nama Petra sendiri adalah nama dari kota hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah, Ludwig Burckhardt, di abad ke-18. Sejak saat itulah kota yang berada di pertengahan gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia. Walaupun sekarang ini mungkin memang bukan 100% "kota hilang" namun Petra tetap layak masuk dalam berbagai daftar kota hilang paling ternama dunia.

6. Mu atau Lemuria

Mu atau Lemuria adalah salah satu kota hilang paling dikenal di dunia
Mu, atau terkadang dikenal juga dengan nama Lemuria, adalah sebuah daratan yang hilang dari muka dunia. Dikisahkan dalam kisah yang serupa dengan Atlantis, Mu adalah sebuah pulau dengan nuansa "Taman Eden" dan merupakan surga tropis yang terletak di Pasifik hingga akhirnya tenggelam dan lenyap dari peradaban manusia. Awal mula keberadaan Mu dapat ditelusuri ke arkeologis Augustus Le Plogeon. Ia mengatakan bahwa orang-orang Mu-lah yang sebenarnya menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir atau Mesoamerica.
Tentunya hingga sekarang keberadaan dari kota hilang Mu atau Lemuria ini masih menjadi perdebatan, Jikapun ada, pertanyaan terbesarnya adalah "mana?" Sekarang ini, Mu atau Lemuria dipertimbangkan sebagai fiksi belaka karena tidaklah memungkinkan sebuah daratan atau tepatnya benua dapat tenggelam begitu saja dalam interval waktu yang relatif singkat.

5. Sodom dan Gomora

Salah satu kota hilang paling terkenal di dunia adalah Sodom dan Gomora
Kisah Sodom dan Gomora adalah salah satu kisah paling dikenal dunia agama. Dikisahkan Sodom dan Gomora ada adalah sebuah kota penuh dengan orang-orang yang sangat berdosa, oleh karena itu Tuhan kemudian menghukum mereka dengan memunculkan hujan api yang menghilangkan kota ini dari peradaban manusia. Kini nama Sodom dan Gomora dikaitkan dengan beberapa sifat jahat dan dosa di dunia, dan berbagai penulis literatur yang menggambarkan kota ini sebagai kota raksasa modern dengan penduduknya yang tidak bermoral.
Walaupun hingga sekarang tidak ada bukti nyata atas keberadaan kota hilang ini, sebuah teori mengatakan bahwa pada kenyataannya Sodom dan Gomora adalah kota kuno Kanaan, yang mengalami bencana meteor pada tahun 3123 Sebelum Masehi. Meteor tersebut menyebabkan panas luar biasa yang dapat menyebabkan kayu, kain, rambut, hingga kulit terbakar dan membuat kota itu menjadi sebuah kobaran api raksasa. Mereka yang hidup di zaman itu tentu belum mengenal yang namanya Meteor dan memperkirakan bahwa Tuhan-lah yang menghancurkan kota itu sebagai akibat amarahnya. Walaupun tidak ada bukti nyata atas teori ini namun cukup masuk akal.

4. Machu Picchu

Kota hilang machu picchu adalah salah satu kota hilang paling terkenal di dunia
Pada awalnya, kota Machu Picchu adalah salah satu peradaban hilang dunia yang paling misterius. Diperkirakan telah ada sejak abad ke-14, bukti nyata keberdaan mereka terletak di Lembah Urubamba, Peru, namun tidak ada yang tahu secara pasti mengapa Suku Inca memilih lokasi aneh tersebut dan untuk apa kegunaannya.
Hingga akhirnya berabad-abad kemudian berbagai ekspedisi melakukan penelitian ke peradaban terlupakan ini. Dari berbagai bukti yang ada, para peneliti memperkirakan bahwa ada lebih dari 140 struktur berbeda di tempat itu dimana setiap strukturnya dipisahkan oleh tembok batu. Walaupun dibangun di abad ke-14, namun 100 tahun sesudah itu, populasi dari kota hilang ini lenyap, dikatakan karena penyakit cacar. Tidak ada yang tahu tujuan pasti dari keberadaan Machu Picchu, beberapa mengatakan bahwa kota ini digunakan untuk kuil suci, penjara, hingga tempat tinggal Kaisar Pachacuti. Apapun itu, kota hilang ini masih menjadi perdebatan hingga sekarang.

3. Pompeii dan Herculaneum

Pompeii adalah salah satu kota makmur Italia yang berhenti waktunya karena letusan gunung berapi
Pada tahun 79 Masehi, gunung berapi Vesusius di Naples, Itali, meletus dan menyebabkan waktu berhenti untuk sebuah kota Roma. Tertimbun 60 kaki di kedalaman abu dan bebatuan, tidak lain dan tidak bukan adalah Pompeii dan Herculaneum, sebuah kota yang walaupun ada di tahun 79 Masehi, memiliki peradaban seperti kota modern sekarang ini dan merupakan tempat hiburan masyarakat Roma kelas atas.
Selama 1.700 tahun, kota ini benar-benar adalah kota hilang yang peradabannya terlupakan dari sejarah manusia. Akhirnya di tahun 1748, ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pekerja kerajaan. Hingga sekarang kota ini tetap merupakan adalah tempat berkumpulnya para arkeologis dan turis dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya itu saja, sisa-sisa mereka yang mengalami bencana mengerikan ini masih dapat dilihat di kota ini, yakni Naples, Campania, Itali.

2. El Dorado

Inilah kota emas yang hilang di dalam hutan, el dorado
Inilah salah satu kota hilang yang paling dikenal dunia karena berbagai mitos yang mengitari kota ini. Dalam jejak asli keberadaan mereka, El Dorado digambarkaan sebagai sebuah kerajaan yang dapat ditemukan di Amerika Selatan, yang membuat kota ini sangat ternama adalah rumor mengenai peradaban mereka.
Dikatakan bahwa El Dorado dipimpin oleh seorang raja yang sangat kuat, memiliki banyak emas dan perhiasan, bahkan kotanya sendiri terbuat dari emas. El Dorado sebelumnya juga telah pernah dibahas dalam artikel 10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan. Karena keberadaannya yang misterius, maka El Dorado juga sering digunakan sebagai metafora untuk sebuah harta tidak ternilai yang mungkin membutuhkan waktu seumur hidup untuk mencarinya. Ia dapat digunakan untuk mewakili cinta sejati, surga, kebahagiaan, atau kesuksesan.

1. Atlantis 

Atlantis, kota hilang paling terkenal di dunia karena peradabannya yang canggih
Jika kita sedang membicarakan kota ataupun peradaban yang hilang begitu saja tanpa jejak, maka kemungkinan besar yang pertama terlintas di benak kita adalah Atlantis, yakni kota modern yang hilang di kedalaman laut. Awal mula dari jejak Atlantis sendiri muncul dari hasil karya Plato, seorang filsuf Yunani kuno ternama. Plato mengisahkan sebuah peradaban yang berada dalam sebuah pulau tersendiri dengan kota modern dan sangat indah, tidak lain dan tidak bukan adalah Atlantis.
Namun dalam kisahnya tersebut, lokasi dari atlantis sendiri sangatlah tidak jelas dan terbatas. Oleh karena itulah banyak orang mengatakan bahwa Atlantis adalah kota yang memang dari awal tidak peranh ada, sedangkan beberapa lainnya mengatakan bahwa Atlantis adalah salah satu misteri dunia yang hingga sekarang belum terpecahkan. Kebanyakan orang mengenal Atlantis dari kemunculannya yang cukup popular dalam literatur dan media modern.

0 komentar:

Posting Komentar